Senin, 12 November 2012

MUSEUM SENI LUKIS AFFANDI

Mahakarya lukisan yang terdapat di Yogyakarta ini sangat hebat, salah satunya adalah seniman pelukis Affandi. Sekitar  2000 lukisan di pamerkan di museum ini. Museum Seni Lukis Affandi terletak di Jalan Laksda Adisucipto 167. Bangunan museum yang di rancang sendiri oleh Affandi ini sangat unik dan menarik. Ada beberapa bagian penutup ( atap ) nya yang berbentuk menyerupai daun pisang. Banyak pepohonan di sekitar bangunan yang menimbulkan rasa nyaman bila kita berada di museum ini di saat matahari terik pun.
Terdapat 3 galeri utama di Museum Seni Lukis Affandi, galeri 1 menyambut anda oleh petugas front office yang akan memberikan tiket masuk seharga 10.000,- untuk wisatawan domestic dan 20.000,- untuk wisata asing, terdapat koleksi mobil colt Gallant yang ber warna kuning kehijauan yang telah di modifikasi oleh Affandi membentuk ikan cucut, karena uniknya mobil ini, pernah ditawar oleh perusahaan Mitsubishi Jepang. Juga ada sepeda Onthel kesayangan Affandi. Hampir seluruh ruangan ini penuh dengan karya lukisan Affandi yang restropektif.




Setelah kita selesai di Galeri 1, selanjutnya kita ke Galeri 2, di galeri ini sebelum anda masuk ruangan ini, anda dapat singgah ke makam Affandi yang wafat pada 23 Mei 1990, yang berdampingan dengan makan sang istri pertamanya, Maryati yang meninggal setahun setelah meninggalnya Affandi. Di sini anda menikmati lukisan- lukisan karya seniman yang lain, juga terdapat lukisan putrid Affandi, Kartika.
Galeri yang paling besar adalah Galeri 3 yang memiliki tiga lantai. Lantai dasarnya digunakan untuk menyimpan dan merawat lukisan Affandi, lukisan yang di pajang di Galeri 3 ini selalu berganti- ganti setiap saat, tergantung pada event yang sedang diadakan. Lukisan yang di pajang pun dapat anda beli untuk kenang- kenangan. Selain lukisan, juga terdapat sejumlah sulaman hasil karya Maryati. Di sisi timur Galeri 3, ada sebuah menara yang digunakan untuk menatap dan melihat keindahan panorama sepanjang sungai Gajah wong dan ramainya lalulintas di jalan Laksda Adisucipto.
Terdapat café yang di desain dengan sangat harmony berhiaskan bunga dan patung yang dengan nama Café Loteng untuk menemani kita apabila kita telah puas mengelilingi museum ini. Di café ini selain minuman dan camilan atau souvenir, juga diputarkan video tentang profil Affandi. Di samping kafe terdapat juga ada gerobak yang memiliki sejarah khusus bagi sang istri Affandi. Terdapat kolam renang yang berbentuk ikan cucut yang digunakan untuk bersantai oleh keluarga Affandi, dan di depannya terdapat studio lukis ( Sanggar Lukis Gajah Wong ) untuk anak- anak ataupun orang dewasa yang dapat menerima siapa saja yang ingin belajar melukis
Silahkan anda mengunjungi Museum Affandi yang terletak di Jalan Laksda Adi Sucipto 167 Yogyakarta 55581, telepon 0274- 562593. Museum buka setiap hari mulai pukul 09.00- 16.00 WIB, atau cek di website www.affandi.org, email affandimuseum@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar